Welcome to My Blog, Hopefully the Contents of My Blog Can be Useful for You All ..^^.

11 Desember 2008

Tiga Karunia Allah

Kita sudah mengerti bersama-sama, bahwa kita ini dikaruniai tiga potensi dalam kehidupan – tubuh, otak, hati. Benerkan? Inget lho, ketiga potensi ini tidak diberikan Allah kepada makhluknya selain manusia. Jadi kita mesti bersyukur donk. Ketiga dimensi itu adalah:

1.
Tubuh
Dimensi fisik: Olahraga, makan yang sehat, tidur yang cukup, rileks.

2.
Akal
Dimensi rasio: baca, mendidik, menulis, belajar keterampilan baru.

3.
Hati
Dimensi emosi-spiritual: Membangun hubungan dengan Allah.


Ada beberapa hal yang bisa Kamu lakukan untuk menjaga keseimbangan ketiga potensi itu.

1.Merawat tubuh Kamu
Cara yang paling tepat untuk merawat tubuh Kamu agar senantiasa dalam kondisi fit adalah dengan memberi makanan yang cukup gizinya dan berolah raga secara teratur. Nah, kebanyakan Kamu-kamu itu sulit deh untuk melakukan olah raga secara teratur. Padahal hal itu penting.
Jika tubuh Kamu itu kuat, pasti Kamu akan memilki daya tahan yang kuat. Stamina Kamu jadi berlipat ganda. So, energi yang Kamu miliki bisa Kamu gunakan untuk belajar dan beraktivitas.
Selain itu juga, jangan sampai tubuh kamu kemasukan makanan atau minuman yang mengandung racun. Jauhi itu segala macam obat-obatan terlarang dan alkohol. Karena itu akan merusak daya tahan tubuhmu. Juga hindari merokok. Inget lho, merokok bisa menyebabkan gangguan jantung dan impotensi serta merusak janin dalam kandungan. (Lho, kok jadi iklan!)

2.
Merawat Akal Pikiran
Ada berbagai cara untuk mempertajam pikiranmu. Akan tetapi pendekatan yang terbaik adalah dengan membaca. Seperti pepatah, bagi otak, membaca itu ibarat olahrag bagi tubuh. Bukankah membaca itu tidak mahal?
Kamu harus memiliki jadwal khusus untuk membaca. Ambilah pelajaran tambahan, bacalah buku-buku. Jangan biarkan sekolah menjadi satu-satunya sumber pendidikanmu. Jadikanlah dunia ini kampusmu.

3.Merawat Rohani Kamu
Hati adalah batin yang berada di bawah permukaan dirimu sehari-hari. Hati adalah sumber tujuan, makna, dan kedamaian batin. Seandainya hati Kamu resah, maka akan mempengaruhi potensi lainnya.
Hati Kamu adalah tempat yang sangat pribadi dalam hidupmu. Ada banyak cara untuk merawat hati dan sangat bisa dilakukan oleh para remaja:
v Merenung atau I’tikaf
v Membaca Al-Qur’an
v Berdo’a
v Berdzikir
v Membaca buku-buku yang memberikan inspirasi
v Mendengarkan musik yang membangkitkan semangat
v Melaksanakn ibadah secara khusyu’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...